cover
Contact Name
Bahrun ALi Murtopo
Contact Email
bahrunalimurtopo@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
cakrawalajurnal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Cakrawala : Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial
ISSN : 25809385     EISSN : 25810197     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Cakrawala invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Education Management, Islam, Muslim society, which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Education, Learning, philosophy, theology, and others.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2017)" : 5 Documents clear
MANAJEMEN KESISWAAN DAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER Agus Salim Chamidi
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.146 KB) | DOI: 10.33507/cakrawala.v1i1.45

Abstract

Management of students and guidance and counceling becomes one important component in management of school/madrasah. It becomes very important when it is associated with the character learning in Indonesia nowadays. This writing tries to explain them through one aspect of management, that is planning. Planning in recruiting new students is so important and vital as a part of process of management of students and guidance and counceling in school/madrasah. All activities associating with recruiting new students, both management and administrative, becomes like a success key at first for process of school/madrasah management sustainably. Keywords: management of students, management guidance and couceling, character learning, planning.
PERAN SUPERVISI KEPALA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU bahrun ali murtopo
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.006 KB) | DOI: 10.33507/cakrawala.v1i1.46

Abstract

Kepala madrasah mempunyai tanggungjawab dan peran terkait dengan kompetensi yang dimiliki oleh guru, salah satunya adalah kompetensi pedagogik. Peran supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, guna meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, mengetahui bagaimana efektivitas supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi guna meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Ma’arif Adikarso. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala madrasah telah berperan secara optimal dalam melaksanakan supervisi guna meningkatkan kompetensi pedagogik guru.
MENEJEMEN PENDIDIKAN GERAKAN SANTRI Sulis Rokhmawanto
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Realitas globalisasi bagi masyarakat islam memunculkan berbagai permasalahan dan tantangan. Permaslahan dan tantangan tersebut diantaranya adalah melemahnya jiwa patriotisme, melemahnya kepedulian sosisal, budaya instan, dan melemahnya jiwa patriotisme. Permaslahan tersebut menjadi spirit tersendiri bagi santri, yaitu para santri yang memiliki komitmen tinggi terhadap idiologinya, terhadap masyarakat, dan memiliki iwa patriotisme yang tinggi terhadap negaranya. Spirit santri ditunjukan dengan gerakan pendidikan kepada masyarakat disekitarnya untuk mempersiapkan masyarakat global. Wujud dari pelaksanaan tersebut dalah mewujudkan masyarakat akademik dan masyarakat religius.
MANAJEMEN PENDIDIKAN LIFE SKILL Suwandi ,
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.006 KB)

Abstract

Pondok Pesantren Al Istiqomah Desa Tanjungsari Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen merupakan lembaga sosial keagamaan yang menyelenggarakan pendidikan keagamaan dan pendidikan life skill.Pendidikan life skill yang ada di pondok pesantren Al Istiqomah diantaranya pendidikan life skill vokasional. Pendidikan Life skilladalah kecakapan yang berkaitan dengan suatu bidang kejuruan/ keterampilan yang meliputi komputer, keterampilan menguasai teknologi informasi dan komunikasi.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di pondok Pesantren Al Istiqomah Desa Tanjungsari Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analitis data dengan pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara triangulasi serta dikombinasikan dengan cara teori.Hasil penelitian menunjukan: (1) manajemen pendidikan life skill dalam proses manajemen menggunakan POAC. Dalam pelaksanaan pendidikan life skill menggunakan planningrencana perencaaan pendidikan, setelah itu menggunakan Organizing melalui komunikasi dan kerja sama, sedangkan dalam actuating melalui motivasi dan gaya kepemimpinan, controlling melalui evaluasi proses dan evaluasi hasil pendidikan life skill.
EMANFAATAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM MULTISTAKEHOLDER PENDIDIKAN Umi Arifah
Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.526 KB) | DOI: 10.33507/cakrawala.v1i1.49

Abstract

Manajemen dalam suatu lembaga pendidikan harus dijalankan dengan baik untukmenjaga keberlangsungan hidup lembaga pendidikan tersebut. Salah satu komponen yang dapat mengembangkan sebuah lembaga pendidikan tersebut adanya pengelolaan sistem informasi dengan baik. Pengelolaan sistem informasi ini dilaksanakan untuk Pendidikan Islam yang diselenggaran oleh sekolah/madrasah, keluarga dan masyarakat dengan harapan mewujudkan tujuan pendidikan. Fakta dilapangan masih banyak para pengelola pendidikan yang belum mengaplikasikan sistem informasi manajemen yang berdampak pada kurang optimal lembaga pendidikan dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, pembiayaan, monitoring dan evaluasi. Dengan pengelolaan yang tidak dilandasi ilmu manajemen akan mempengaruhi proses dan hasil yang tidak efektif dan efisien sehingga lembaga pendidikan mengalami kemunduran. Permasalahan pendidikan yang terjadi dapat dihadapi melalui sistem informasi yang terintegrasi dengan lembaga pendidikan, baik lembaga pendidikan formal, informal dan nonformal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5